Sabtu, 31 Agustus 2013

Rivalitas Manchester United vs Liverpool

     Rivalitas terbesar dalam sejarah sepakbola Inggris antara Manchester United vs Liverpool. Pertempuran keduanya selalu sengit dan penuh drama. Nada sinis, mengejek dan saling menghina pasti terjadi jika kedua raksasa ini bertemu. Manchester United dan Liverpool sejatinya dua klub tersukses di daratan Inggris. Keduanya selalu bersaing untuk menjadi yang terbaik. The Reds lebih dulu menguasai Inggris dan Eropa. Mereka meraih 18 gelar liga dan lima Piala/Liga Champions. Selain fakta di atas, masih ada fakta-fakta menarik lain yang melibatkan rivalitas keduanya. Berikut fakta-fakta menarik antara Manchester United vs Liverpool :

1. Hooligans
Hooligans tumbuh dan berkembang di Inggris pada era 1970-an. Fans kedua klub ini juga termasuk ke dalamnya. Beberapa insiden pun tercipta setiap kali kedua kubu bertemu. Hampir selalu ada ketegangan dan ancaman bentrok jika pertandingan berlangsung.

Fans kedua tim juga saling sindir soal tragedi masing-masing. Suporter Manchester United selalu mengolok musuhnya dengan tragedi Heysel 1985 dan Hillsborough 1989. Tragedi yang terakhir ini memakan korban 96 orang nyawa fans The Reds.

Liverpudian pun tak terima dan balas mengejek. Mereka membalas dengan nyanyian hinaan atas tragedi Muenchen 1958 yang menewaskan rombongan skuad Setan Merah.

2. Pemain yang "Berkhianat"
Haram hukumnya pemain pindah dari Liverpool ke Manchester United ataupun sebaliknya. Hal ini tak pernah terjadi dalam 49 tahun terakhir. Pemain terakhir yang memiliki "nyali" untuk berkhianat adalah Phil Chisnall. Ia pindah dari Old Trafford ke Anfield. Total, cuma ada sembilan pemain yang berani menyebrangi kedua klub. Namun, ada juga sejumlah pemain yang pernah membela kedua klub, tapi tidak melalui proses transfer di antara keduanya. Mereka adalah Paul Ince, Peter Beardsley dan Michael Owen.Pada 2007 sempat ada kasus yang melibatkan pemain asal Argentina, Gabriel Heinze. The Reds ketika itu memberikan penawaran kepada Manchester United untuk membeli Heinze. Namun, Setan Merah menolaknya mentah-mentah. Padahal, Heinze terang-terangan menyatakan ingin pindah ke Anfield. Fergie pun akhirnya naik pitam dan lebih memilih melepas Heinze ke Real Madrid.

Berikut 9 pemain yang "berani" menyebrang
Dari Liverpool ke Manchester United :

Tom Chorlton (1912)
Tom Miller (1920)
Tommy Reid (1929)
Ted Savage (1938)
Allenby Chilton (1938)

Dari Manchester United ke Liverpool :
Jackie Sheldon (1913)
Fred Hopkin (1921)
Thomas McNulty (1954)
Phil Chisnall (1964)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar